Laman

WELCOME TO MY BLOG

JANGAN LUPA KASIH COMENTAR YA?

Juli 03, 2010

sejarah pulau luang

.Berbicara sejarah Luang, perlu ada satu seminar khusus karena sekarang ini, banyak orang bicara dari versinya masing-masing,yang menonjolkan kelompoknya... Sangat disayangkan, bahwa ketika kita masih kecil dan mendengar orang tetua cerita sejarah, dianggap tidak pantas ikut mendengar. Akhirnya, sumber cerita dari orang tua yang satu tidak sinkron dengan lainnya karena penonjolan kelompok tersebut.
.........Sejarah pulau Luang yang melegenda adalah cerita penghancuran oleh Upa Srui, cerita tentang perang antara Tetilay dan Miru Lewna.... Cerita tentang Marna Melay dan Marna Mnyetu... Cerita Marna Melay dan Horupnu,,, dan masih banyak lagi.... Akan dikemas tersendiri lewat cerita masing-masing...
..... Khusus di Luang Timur sendiri ada 4 kelompok Soa yang sangat mempengaruhi kehidupan orang Luang, yakni : Soa Hinlely Daitulu ( Laupun ), Soa Toprulu Rehiara (Gerlorna) Soa Pepupun Traupun dan Soa Pupgeny Meyoka (Letupun).... Masing-masing soa terdiri dari beberapa mata rumah... yang memiliki cerita dan sejarah tersendiri.
......Namun,... dari ke-4 Soa tersebut, sangat mempengaruhi kehidupan budaya adat istiadat dan bahasa masyarakat di Maluku khususnya di Maluku Tenggara.. Sebagian Raja-raja di Maluku Tenggara, bila ditelusuri memiliki akar keturunan dari Luang.
...... Oleh karena itu, perlu ada kajian khusus sejarah Luang dengan para sejarahwan yang bisa dipertanggung jawabkan kebenaran sumbernya.
...... Terus terang sebagai anak Luang saya ikut prihatin akan hal ini....
ok.... nanti dilanjutkan ya, soalnya mau urus kerjaan dulu.... Kalwedo.... Karel Ernan Miru - Balikpapan.

30 komentar:

  1. Ini usaha yg bagus.Sebagai pengamat sejarah daerah saya perlu daftar nama2 raja manapun utk dokumentasi & kemun gkinan publikasi.Saya berkerjasama dengan peneliti asing(Bld,Swedia).Terima kasih

    BalasHapus
  2. Perlu penggalian akar sejarahnya agar masyarakat MBD yang baru saja mendapatkan pemimpin baru bisa belajar melayani semua komponen masyarakat MBD. Jangan sampai budaya kolonial yang mhs sudah masuk dan menyatu dalam jiwa para birokrat hasil didikan Jakarta justru akan mengesampingkan pembangunan masyarakat MBD dan akhirnya mengambil keuntungan pribadi.

    Kalwedo....Josias T, Jayapura

    BalasHapus
  3. Sebagai anak MBD qt harus mempelajari jelas sejarah pulau" di MBD ....

    Kalwedo merupakan sapaan "Syalom" dr masyarakat Luang,tepa,sermatang...
    Agama Orng tatua dolo" thu UPLERA ...
    thu merupakan cerita yg beta dengar dr orng tatua dolo" ....

    Kalwedo ....
    Eghy ,, Ambon

    BalasHapus
  4. Kalwedo,,,


    Grace Hayer, Makassar

    BalasHapus
  5. yang menjadi pertanyaan siapakah penguasa di pulau lung itu,dari marga manakah dia ?
    Bt juga berasal dari LUANG TIMUR,bt pung moyang dari sana

    BalasHapus
  6. beta pung moyang juga dari luang.dia keluar dari sana pake mata rumah lartutul.moyang tersebut berlayar ke pulau aru.apakah ini betul apa sekedar mitos ? mohon di perjelas lagi bagi yg lebih tau asal muasal terbaginya pulau moyang luang. makasih

    BalasHapus
  7. Beta Marga Yermias/Jermias yang berdomisili di pulau Kisar, Beta Pung Moyang berasal dari pulau Luang, Nama Moyang yang hijrah ke kisar Namanya Haerhuli dan nama Mata Rumah Turehi, Makasih

    BalasHapus
  8. Beta Marga Jeujanan baca ( Yeuyanan ) dari Kei Maluku Tenggara, punya moyang nama Bib Vot Sua dari luang datang bersama 7 saudaranya ke kepulauan kei. Apa ada yang tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puji Tuhan b sebagai putri dari tanah luang sendiri ,b marga Miru,b sementara ini lagi penelitian tentang luang dan key punya hubungan,dan ada b su temukan beberapa jawaban tetua yg menurut KK punya pernyataan ini juga termasuk,jadi mohon di tunggu info selanjutnya yah,bntu doa biar semua yg b gali yg jadi pertanyaan bnyak bisa terjawab..

      Hapus
    2. Mohon bantu SM miru asli..bapa alexanader miru asli luang(opah sy Markus miru)

      Hapus
    3. Bib Vot Sua nama lengkapnya siapa?

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Beta Marga Resimanuk, Menurut Cerita Ktng Dari Luang, b pung Moyang Nama Ratmarsela, Ada yang tau ?

    BalasHapus
  11. Assalamu Alaikum... Saya dari makassar..cuman ingin mencari tau cerita turun temurun alm Bpk Harrys rasyid dan Alm opa Haruna Rasyid tentang Nenek Moyangku Ratu Labu Luang.., karena fam opaku miru, mohon petunjuknya...

    BalasHapus
  12. Bagi marga miru mohon infonya WA: kosongdelapanlima255satu29555..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya Ingin menyambung silaturrahim..

      Hapus
    2. Malaikum ble tau Emangnya tingal di makasar sda lama ka?

      Hapus
  13. Julukan alm opa macan dari timur

    BalasHapus
  14. Apa ada yg tau sejara cerita tentang miru mirlau klo tau carita do

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo tau cerita tentang miru mirlau carita dlo

      Hapus
  15. Perkenalkan bt Turunan dari marga Rahalus dan Rumthe,, 2 marga yg sudah menjadi orang kei di zaman lampau,, tapi kedua marga tsb punya akar sejarah moyang dari Luang..
    Dari Rahalus punya 6 sdra jdi jumlahnya ada 7 sdra yg dari luang yg menjadi orang kaya dan Raja baik di kei besar dan kei kecil yakni: Rahalus, Matdoan, Tamher, Hanubun, Maswatu, Bahubessi, Keliobas turunan dari Mana melay..
    Sedangkan Rumthe sndri dtg dari luang dgn orang kaya dari marga elwarin (skrg terbagi 2 dgn marga eleuwarin) Rumthe sndri dulunya dikenal sebagai panglima prang.. org kaya elwarin dtg dari luang dengan membawa barang" adat dari luang,, salah satu yg terkenal yakni tudung sakti..
    Dan semua itu datang dari luang timur .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka semua pada awalnya adalah raja, hanya sebab polemik politik kekuasaan dikei pada jaman dulu sehingga beberapa masih bertahan atas kekuasaanya sebagai raja, dan beberapa sudah kehilangan kekuasaan sama sekali atapun juga turun status menjadi orang kay/kepala desa saja, semua terjadi sebab dinamika politik kekuasaan di kei pada jaman dahulu yg bgitu kotor dan rumit.. oh iya mengenai keliobas itu apakah sudah final bagian dari 7 bersaudara juga ya?

      Hapus
    2. Marna Melay nama lengkapnya siapa ?

      Hapus
  16. Oiia lupa 1 ly.. dari 7 bsdra yg di atas tuh punya turunan juga smpe di Seram Timur..
    Jdi org seram timur pun ada hubungan sejarah dgn luang yg penyebarannya setelah dari pulau kei.. trima kasih. 🙏
    Kalau ada yg tau sejarah lengkapnya mungkin bisa ditambahkan 🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengenai sejarah turunan sampai ke seram timur itu benar sekali ..

      Katong pung sejarah marga juga berasal dari pulau luang, yaitu marga "KELIMAGUN" .. dan sekarang marga ini menjadi Raja/Pimpinan disalah satu Negeri/Desa diseram bagian timur yang bernama Negeri Kilbat ..

      Kalau tidak salah, mereka datang ke seram timur itu delapan orang, 1 perempuan dan 7 laki-laki ..

      Mohon koreksinya jikalau ada yang salah ..

      Hapus
    2. KALIMANGUN / KELIMAGUN

      Hapus
    3. mantap om..
      kalo kami punya moyang 8 bersaudara itu 5 laki laki di kei yaitu :
      Marga Maswatu
      Marga Tamher
      Marga Hanubun
      Marga Matdoan
      Marga Rahalus

      Satu laki laki di kepualuan aru :
      Marga Baubessi

      Satu laki laki lagi di Seram Timur
      Marga Keliobas

      Dan perempuan satu satunya di seith/ambon.. setelah itu beliau lanjut lagi ke makassar/bone

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Beta nama Frans Y Pasumain asal dari pulau Damer Negri Kelih,bt Moyang asal dari Pulau Luang Namanya Rehilyawan,bt Moyang yang kasih nama Kelih yg artinya Letpuluh Keluluh Kelih Au orang tua tua Dolo dorang bilang Pasumain itu Miru karena moyang sampai di Damer Kelih,moyang moyang dikelih seng bisa bilang nama asli katanya karena marna jadi dorang sebut Pasumain yg artinya dibawah Pohon Pau karena moyang punya rumah pertama di Kelih itu pohon Pau karena di Kelih bahasa daerah itu Pasu artinya pohon Pau,bt cuma tanya apakah betul Pasumain itu Marga Miru dari Luang,di Damer bt Moyang punya tempat sejarah banyak ada kampung dulu menghina moyang sehingga moyang kirim ular talang satu kampung ada 2 orang yg sisa satu jadi fosil dia sementara jadi batu ada sampai sekarang dipinggir pantai dan ular SDH jadi batu karena perebutan kursi raja dorang ganti Negeri Kelih menjadi Kehli

    BalasHapus

danke...